CARA MEMANGGIL USERFORM MENGGUNAKAN COMMANDBUTTON


Memanggil UserForm berarti kita berurusan dengan kode macro. Banyak sekali Cara Memanggil UserForm yang bisa kita lakukan salah satunya adalah memanggil userform dengan cara menggunakan tombol commandbutton yang menurut saya ini cukup bagus untuk Anda yang ingin membuat Aplikasi Sederhana. Sebenarnya cara ini jarang kami pakai dalam membuat Aplikasi Sederhana  kami karena pada produk Aplikasi Sederhana kami kebanyakan menggunakan menu ribbon sendiri untuk memanggilnya, Anda juga dapat melihat diartikel kami sebelumnya disini atau melalui link dibawah ini untuk melihat salah satu produk Aplikasi Sederhana yang kami bagikan secara gratis.


Bagi anda yang baru belajar membuat Aplikasi sederhana mungkin ini adalah langkah awal yang mungkin bagus untuk melengkapi Aplikasi buatan Anda. Karena menurut kami pribadi membuat tombol ini lebih bagus dari pada anda membuat tombol lewat insert shapes. Selanjutnya Untuk langkah-langkah membuat tombol ini dan juga kode macronya cukup mudah berikut langkah-langkah dan penjelasannya.

1. Buka Microsoft Excel
2. Pada menu ribbon Developer silahkan klik Insert lalu pada bagian Active X Control pilih CommandButton
3.  Buat lalu klik kanan pilih propertis lalu pada bagian caption ganti nama menjadi tampilkan userform lalu close
4. Setelah mengganti nama tombol, sekarang kita akan membuat kode macro memanggil userform
5. Pada tombol yang tadi klik kanan lalu pilih view code kemudian tulislah "UserForm1.Show"
6. Setelah kita membuat kodenya, selanjutnya kita membuat userformnya dengan cara tekan ALT + F11 lalu pada bagian menu ribbon pilih dan klik Insert UserForm
8. Kembali ke workbook lalu klik tombol yang sudah Anda buat tadi.
9. Apabila sudah berjalan dengan baik silahkan Anda simpan dengan type excel macro.

Apabila anda melakukan langkah-langkah diatas dari awal sampai akhir dengan benar maka kode akan berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya apabila Anda ingin belajar Kode Macro Excel maka dengan senang hati kami akan membantu Anda lewat Komentar dibawah, dan untuk file sample dapat Anda unduh disini.

Demikianlah dari kami Cara Memanggil UserForm Menggunakan CommandButton dan apabila dalam penyampaian artikel ini terdapat salah kata kami minta maaf dan akhir kata kata semoga kita tetap semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Jabat Erat

Post a Comment for "CARA MEMANGGIL USERFORM MENGGUNAKAN COMMANDBUTTON"