FUNGSI FORMULA LEN,LEFFT, RIGH DAN MID EXCEL

FUNGSI FORMULA LEN,LEFFT, RIGH DAN MID EXCEL
Anda juga dapat mengunduh file contoh Aplikasi Login Dengan Sistem ON OFF


Untuk mendapatkan hasil yang masksimal, silahkan luangkan waktu beberpa menit untuk membaca penjelasan kami dibawah ini secara cermat.

FUNGSI FORMULA LEN
Fungsi formula LEN digunakan untuk menjumlah karakter di range tertentu, contoh : Pada range A1 silahkan ketik "Belajar Fungsi Formula LEN" kemudian di range B1 ketik rumus ini "=LEN(A1)" maka hasilnya berupa angka 25, berarti jumlah karakter tulisan "Belajar Fungsi Formula LEN" adalah 25 karakter/huruf.

NB : Formula LEN juga bisa di gunakan untuk angka, dan <SPASI> juga terhitung

"Mas ..bagaimana caranya supaya <SPASI> tidak ikut terhitung ?"

Untuk menjumlah karakter tanpa menghitung <SPASI> Anda dapat menggabungkan formula LEN dengan Formula Substitute. Ketik rumus ini di range B2 "=LEN(SUBSTITUTE(B2;" ";""))" dan di range A2 silahkan ketik "Belajar Menghitung Karakter Tanpa Spasi" maka hasilnya adalah 35 karakter bukan 39 karakter.

Kesimpulan
=Len(A1) > menghitung karakter di range tertentu termasuk spasi
=LEN(SUBSTITUTE(A1;" ";"")) > menghitung karakter di range tertentu tanpa spasi

FUNGSI FORMULA LEFT
Fungsi formula LEFT digunakan untuk menghitung karakter dari kiri ke kanan, Contoh : pada range A1 ketik "Belajar Fungsi Formula Left" kemudian pada range B1 ketik rumus "=LEFT(A1;6)" maka hasilnya tulisan "Belajar".

"mas..sebenarnya saya ingin belajar Microsoft Excel dan ingin buat aplikasi sendiri, tapi itu susah banget mas..banyak rumus dan kode-kode yang harus dihafalkan"

Menurut Anda apa sih yang dinamakan Aplikasi itu, dan ciri-cirinya bagaimana sih ??
Menurut kami, membuat Aplikasi itu tidak perlu mahir dan hafal rumus dan kode yang banyak, tetapi bagaimana cara Anda supaya Pengguna bisa lebih mudah untuk menggunakannya sebagai contoh Aplikasi Kartu Ujian yang mungkin ini bisa memudahkan Pengguna untuk membuat Kartu Ujian dengan Waktu yang singkat serta menu navigasi yang simpel dan apabila ada kesalahan maka akan ada Kotak Pesan yang didalamnya ada sebuah peringatan dan petunjuk.

FUNGSI FORMULA RIGHT
Fungsi ini hampir sama dengan fungsi LEFT hanya saja fungsi ini membaca dari kanan ke kiri. Untuk lebih mudah silahkan di range A1 ketik "Saya Belajar Fungsi Right" kemudian di Range B1 ketik formula ini "=RIGHT(A1;5)" maka hasilnya berupa text RIGHT. angka 5 pada rumus membaca 5 karakter dari kanan.

FUNGSI FORMULA MID
Nah kalau fungsi formula ini itu mengambil dari tengah. Contoh : di range A1 ketik "Saya Belajar Fungsi MID" kemudian di range B1 ketik rumus ini "MID(A1;6;8)" maka hasilnya berupa text BELAJAR" untuk lebih faham tentang rumus formula MID silahkan fahami ilustrasi warna dibawah ini.

TULISAN : SAYA BELAJAR FUNGSI MID
RUMUS : =MID(A1;6;8)

SEMUA FORMULA HARUS DIAWALI DENGAN SAMADENGAN (=) DAN ADA YANG DIAWALI TANDA { DAN DIAKHIRI } TAPI INI JARANG DIPAKAI

"Kami Selalu Memberikan Yang Terbaik Dan Original Untuk Anda"
Jabat Erat@Hak Cipta 2015
 Hak Cipta

Post a Comment for "FUNGSI FORMULA LEN,LEFFT, RIGH DAN MID EXCEL"