3 JENIS KODE MACRO EXCEL LINK KE INTERNET,WEB, BLOG DAN MEDIA SOSIAL

Disini kami akan memberikan 3 Jenis Kode Macro Membuat Link Excel ke Internet atau ke sebuah website atau blog atau ke media sosial seperti FB, Google Plus atau ke sebuah group yang Anda buat atau yang lainnya adalah sebuah nilai tambah yang akan di lihat oleh pengguna saat mengoprasikan aplikasi kita, selain itu, aplikasi kita juga akan terlihat seperti aplikasi yang top. Kode Macro Pengganti Hyperlink Excel biasanya di perlukan oleh seorang developer (pengembang) excel untuk mempercantik tampilan aplikasi yang dia buat dengan cara menempatkan Kode Macro di dalam aplikasi buatannya.

Berikut kemi memberikan opsi (pilihan) 3 Jenis Kode Macro Excel Link Ke Internet yang dapat Anda lakukan dan Anda terapkan ke dalam sebuah aplikasi buatan sendiri. Namun, jika Anda ingin Membuat Link Excel Ke Internet Menggunakan VBA Macro secara simpel dan tidak ribet, Anda dapat menggunakan Kode Macro ini "Active ThisWorkbook.Followhyperlink "http://www.alamatanda.com". Namun, Kode Macro ini masih mempunyai sisi kekurangan, karena jika ini di buka di komputer, laptop yang tidak tehubung internet maka, ada pesan error "Thebug". Bagaimana cara menghilangkan pesan error "Thebug" tersebut dengan "pesan error buatan Anda sendiri ? berikut adalah penjelasan kami tentang 3 Cara Membuat Link Excel Ke Internet Pengganti Hyperlink.

Versi ke satu adalah jika Anda mengklik tombol link ini, sedangkan Anda tidak tersambung internet maka akan muncul pesan bug dan tidak membuka browser.

Private Sub CommandButton2_Click()
ActiveWorkbook.FollowHyperlink "http://www.mtsbmtumbrasanom.id"
End Sub

Versi ke dua adalah jika Anda mengklik tombol link ini, dan Anda tidak tersambung internet maka tidak akan muncul pesan bug dan tidak akan membuka browser.

Private Sub CommandButton1_Click()
On Error Resume Next
ActiveWorkbook.FollowHyperlink "http://www.mtsbmtumbrasanom.id"
End Sub

Versi ke tiga adalah jika Anda mengklik tombol link ini, dan Anda tidak tersambung internet maka akan muncul pesan yang Anda buat seperti pesan dibawah ini "Maaf, Anda harus tersambung internet" kemudian jendela browser juga tidak akan terbuka.

Private Sub CommandButton3_Click()
On Error GoTo syaref
ActiveWorkbook.FollowHyperlink "http://www.mtsbmtumbrasanom.id"
Exit Sub
syaref:  MsgBox "maaf, Anda harus tersambung internet", vbCritical, "sistem aplikasi"
End Sub

Demikian adalah 3 Jenis Kode Macro Link Ke Internet Website, Blog dan Media sosial. Adapun untuk mengembangkan Kode Macro Link Ke Internet supaya lebih bagus lagi dan siipp, Anda dapat menambahkan fungsi logika macro, seperti contoh di bawah ini.

Private Sub CommandButton3_Click()
If Worksheets("Sheet1").Range("A1") = "on" Then
On Error GoTo syaref
ActiveWorkbook.FollowHyperlink "http://www.mtsbmtumbrasanom.id"
Exit Sub
syaref:  MsgBox "maaf, Anda harus tersambung internet", vbCritical, "sistem aplikasi"
Else
MsgBox "anda harus mengaktifkan tombol on untuk meng Enable tombol ini", vbExclamation, "sistem aplikasi"
End If
Unload Me
End Sub

Selain mengkombinasikan dengan Kode macro logika IF, Anda juga dapat menggunakan kode macro Dim dan As untuk keperluan di maksud. Demikian dari kami semoga ini bisa Anda share ke sosial media yang lain..Ayo berbagi Ilmu..

"Apa aja sih yang bisa membuat aplikasi saya terlihat bagus dan elegan..??"

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat aplikasi, apa lagi aplikasi buatan Anda akan di gunakan oleh banyak orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

7 Tips supaya Aplikasi buatan Anda terlihat elegan

1. Keakuratan rumus dan kode

tentu hal pertama yang harus kita perhatikan adalah keakuratan sebuah aplikasi kita. Karena apabila aplikasi kita bagus tetapi tidak akurat maka itu semua akan percuma.

2. Size

Mengapa saya menaruh size di urutan yang ke dua..?? iya..benar.. karena size juga sangat mempengaruhi sistem kerja aplikasi tersebut. Pengguna aplikasi pasti akan sangat terganggu dengan loading aplikasi karena size terlalu besar sedangkan spek komputer yang digunakan rendah, lain halnya jika menggunakan komputer yang speknya tinggi atau minimal RAM 4 GB. Nah.. untuk itu kami menyarankan supaya Anda sebelum membuat aplikasi tersebut, silahkan di perhatikan betul size aplikasinya, sehingga ketika pengguna membuka dan mengoprasikan aplikasi buatan Anda akan merasa nyaman dan meminimalisir terjadinya "reset this program" yang biasanya muncul secara tiba-tiba.

3. Menu navigasi

Di urutan ke tiga yaitu Menu Navigasi sebuah aplikasi juga sangat mempengaruhi pemahaman seorang pengguna, jika Anda pernah menemukan atau mengunakan aplikasi yang menu navigasinya berbolak balik, pasti rasa yang pertama ada adalah kebingungan lantaran baru mencoba dan menggunakannya. Saran saya sebagai penulis, buatlah Sistem Menu Navigasi Aplikasi yang bisa mempermudah pemahaman seorang pengguna, atau kalau perlu apabila pengguna sekali menggunakan langsung paham alur aplikasinya, dan itu aplikasi yang sangat bagus.

4. Petunjuk

Dalam sebuah aplikasi pasti harus di berika sebuah Petunjuk penggunaan aplikasi. hal ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada pengguna untuk memahami tombol atau menu-menu yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

5. Solusi

Sepertihalnya petunjuk, Solusi juga berperan penting dalam memberikan solusi terhadap masalah yang sudah di sebutkan oleh Admin di dalam aplikasi yang intinya pengguna akan menemukan solusi-solusi apabila terjadi error atau yang lainnya.

6. Kontak operator

Kontak operator biasanya terdapat dalam sebuah aplikasi yang umumnya berupa nomor handphone, email dan atau alamat. Hal ini menjaga ketika pengguna membutuhkan konsultasi seputar aplikasi atau problem yang di hadapi yang tak di sebutkan dalam buku petunjuk atau buku solusi aplikasi.

7. Menjadikan ke .exe

Dan yang terakhir adalah menjadikan extensi excel ke .exe. Hal ini ada kaitannya dengan nomor 2 diatas, yaitu termasuk mengurangi size aplikasi. Selain itu masih banyak lagi keuntungan Anda apabila merubah extensi excel ke .exe di antaranya sucurity sangat bagus dan terlihat lebih elegan dan masih banyak lagi.

Jika menurut Anda artikel ini bagus dan layak untuk di share (di bagikan) maka silahkan share ke sosial media yang Anda punyai, atau melalui tombol share di bawah ini.

Download File

"Kami Selalu Berusaha Memberikan Yang Terbaik dan Original Untuk Anda"
Jabat Erat@Hak Cipta 2015

Post a Comment for "3 JENIS KODE MACRO EXCEL LINK KE INTERNET,WEB, BLOG DAN MEDIA SOSIAL"