7 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT APLIKASI EXCEL

7 Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membuat Aplikasi Excel
Sebelum Anda membuat sebuah Aplikasi yang berbasis Microsoft Excel, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal. Apa saja itu ? berikut 7 Tips Supaya Aplikasi Excel Anda Terlihat Bagus dan Elegan. Kemudian apabila Anda dalam membuat aplikasi excel belum memperhatikan 7 hal dibawah ini secara keseluruhan maka, kami merekomendasikan supaya Anda memenuhi 7 hal tersebut dengan tujuan supaya aplikasi buatan Anda terlihat bagus dan elegan.

Selama kami terjun mulai dari mengenal komputer sampai memperdalam excel, ternyata ada beberapa inti yang kami dapatkan (masih selama ini, belum nanti ke depannya). Apa saja inti yang kami dapatkan itu ? yang pertama adalah Keakuratan Sebuah Aplikasi, yang kedua Alur/Tata Letak Sistem Navigasi (menu) Aplikasi, ke tiga Size Aplikasi, ke empat Petunjuk Penggunaan Aplikasi, ke lima Solusi Aplikasi, ke enam Kontak Operator (pembuat aplikasi), ke tujuh Merubah Extensi ke .exe.

1. Keakuratan Aplikasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membuat aplikasi excel adalah keakuratan sebuah aplikasi. Jika aplikasi Anda bagus hanya dari tampilan dan menu nya saja, tetapi kurang memperhatikan keakuratan aplikasi maka, itu sama saja aplikasi buatan Anda akan percuma dan akan dinilai jelek oleh para pengguna. 

Oleh sebab itu, meskipun Anda mendesain aplikasi se bagus mungkin tetapi rumus, kode nya salah, maka sama saja itu akan percuma. Kecuali kesalahan-kesalahan ringan seperti "
Sehingga hal yang musti bahkan wajib Anda perhatikan adalah keakuratan sebuah aplikasi tersebut sehingga aplikasi Anda benar-benar menjurus.

2. Alur/Tata Letak Menu Aplikasi

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah Alur/Tata Letak menu Aplikasi. Sudah barang tentu pengguna akan merasa nyaman ketika alur aplikasi Anda sangat mudah untuk dipahami dan itu akan memberikan nilai plus. Apa jadinya jika menu aplikasi Anda berantakan ? pasti hal pertama yang dirasakan oleh pengguna adalah kebingungan. betul bukan ? dan biasanya, dalam sebuah aplikasi yang di komersial kan (di jual) semua menu nya dalam satu tampilan, tidak berantakan.

3. Size Aplikasi

Hal ketika yang perlu Anda perhatikan adalah Size Aplikasi. mengapa kami menyebut Size Aplikasi dalam 7 Tips tersebut ? iya, karena Size Aplikasi ternyata juga sangat berpengaruh dalam pengoprasian. Kami pernah menemukan sebuah aplikasi yang menurut saya Size nya sangat berlebihan, padahal fungsinya cuma sedikit.Jika Anda pernah mendapatkan aplikasi besar seperti aplikasi kasir, aplikasi perkantoram dan lain-lain tetapi size nya kecil tidak lebih dari 200 kb maka, itu tandanya aplikasi tersebut sudah sangat bagus.

Mengapa saya menaruh size di urutan yang ke tiga..?? iya..benar.. karena size juga sangat mempengaruhi sistem kerja aplikasi tersebut. Pengguna aplikasi pasti akan sangat terganggu dengan loading aplikasi karena size terlalu besar sedangkan spek komputer yang digunakan rendah, lain halnya jika menggunakan komputer yang speknya tinggi atau minimal RAM 4 GB. Nah.. untuk itu kami menyarankan supaya Anda sebelum membuat aplikasi tersebut, silahkan di perhatikan betul size aplikasinya, sehingga ketika pengguna membuka dan mengoprasikan aplikasi buatan Anda akan merasa nyaman dan meminimalisir terjadinya "reset this program" yang biasanya muncul secara tiba-tiba.

4. Petunjuk Penggunaan Aplikasi

Dalam sebuah aplikasi pasti harus di berika sebuah Petunjuk penggunaan aplikasi. hal ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada pengguna untuk memahami tombol atau menu-menu yang terdapat dalam aplikasi tersebut.

5. Solusi Aplikasi Apabila Pengguna Mendapat Problem

Seperti hal nya petunjuk, Solusi juga berperan penting dalam memberikan solusi terhadap masalah yang sudah di sebutkan oleh Admin di dalam aplikasi yang intinya pengguna akan menemukan solusi-solusi apabila terjadi error atau yang lainnya.

6. Kontak Operator (pembuat aplikasi)

Kontak operator biasanya terdapat dalam sebuah aplikasi yang umumnya berupa nomor handphone, email dan atau alamat. Hal ini menjaga ketika pengguna membutuhkan konsultasi seputar aplikasi atau problem yang di hadapi yang tak di sebutkan dalam buku petunjuk atau buku solusi aplikasi.

7. Menjadikan ke .exe

Dan yang terakhir adalah menjadikan extensi excel ke .exe. Hal ini ada kaitannya dengan nomor 2 diatas, yaitu termasuk mengurangi size aplikasi. Selain itu masih banyak lagi keuntungan Anda apabila merubah extensi excel ke .exe di antaranya sucurity sangat bagus dan terlihat lebih elegan dan masih banyak lagi.

Jika menurut Anda artikel ini bagus dan layak untuk di share (di bagikan) maka silahkan share ke sosial media yang Anda punyai. Berikut SS Aplikasi Sederhana rilis april 2017.



"Kami Selalu Berusaha Memberikan Yang Terbaik dan Original Untuk Anda"
Jabat Erat@Hak Cipta 2015

Post a Comment for "7 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBUAT APLIKASI EXCEL"