RPP AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs (SATU LEMBAR)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Madrasah : MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran (2 x 40 Menit)/Pertemuan Pertama

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah Peserta didik mengamati, menanya, mengekplorasi, menalar dan merefleksi tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT, peserta didik diharapkan dapat :
  • Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT
  • Mengidentifikasi Dalil-dalil tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT

B. Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar

Media : Lembar Kerja Siswa, Lembar penilaian dan Tafsir Al-Qur’an
Alat/Bahan : Spidol dan papan Tulis
Metode : Kontekstual dan kooperatif
Sumber Belajar : Buku Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Kemenag 2015

C. Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memriksa kehadiran peserta didik sebagai bentuk pembiasaan sikap disiplin.
Mengaitkan Materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan Materi sebelumnya, mengajukan pertanyaan dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari
Menyampaikan Motivasi dan tentang manfaat apa yang dapat diperoleh dengan mempelajari Materi Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, Kompetensi serta metoda belajar.
Kegiatan Inti (60 Menit)
Kegiatan Literasi : Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menulis kembali, peserta didik di bagikan Buku Siswa.
Critical Thinking : Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi hal-hal yang belum dipahami dimulai dengan pertanyaan factual sampai pertanyaan hipotetik yang berkaitan dengan Materi Pembelajaran yaitu Beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT
Collaboration : Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mengumpulkan informasi, mendiskusikan, mempresentasikan dan bertukar informasi tentang pengertian dan dalil-dalil
Communication : Pesrta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari, dan peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Guru dan Peserta didik membuat refleksitentang materi yang telah dipelajari,
Guru Melakukan penguatan materi yang telah diajarkan, merencanakan tindak lanjut dan menyampaikan inti kegiatan unuk pembelajaran berikutnya yaitu Dasar dan Tujuan beriman kepada Kitab-kitab Allah SWT
Guru bersama peserta didik menutup pembelajaran dengan bedoa dan salam

D. Penilaian Hasil Pembelajaran

  • Penilaian Pengetahuan : tes tertulis/Uraian, Tes lisan, Observasi saat diskusi dan penugasan
  • Penilaian Keterampilan : Penilaian Unjuk kerja,penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio


Tumbrasanom, 10 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah,




MOH. MAHSUN, S.PdI, M.A.
Guru Mapel





MANSUR, S.PdI

DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR MAPEL AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs

"Kami Selalu Berusaha Memberikan Yang Terbaik Dan Original Untuk Anda"

Jabat Erat@Hak Cipta 2015

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs (SATU LEMBAR)"