KALDIK EXCEL 2020/2021 JAWA TIMUR


Pembelajaran merupakan salah satu proses interaksi antara siswa dengan. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi serta di evaluasi agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara efektif dan efisien. Dalam peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2016, pemerintah telah menetapkan Standar Isi yang didalamnya memuat kalender pendidikan atau kalender akademik. Kalender pendidikan juga berfungsi sebagai salah satu sarana untuk menjadwalkan segala program yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru tidak hanya menyampaikan materi saja, akan tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dikelas. Hal-hal tersebut diantaranya seperti rencana untuk memperlancar suatu system pendidikan dan pembelajaran yang efektif maka diperlukan adanya perencanaan yang matang seperti kalender pendidikan.

Kalender pendidikan (KALDIK) atau kalender akademik pada dasarnya ialah pengaturan waktu untuk kegiatan belajar mengajar selama satu tahun ajaran yang mencakup sebagai berikut :

  • permulaan tahun pelajaran
  • minggu efektif belajar
  • waktu pembelajaran efektif
  • dan hari libur

Permulaan tahun ajaran baru diawali pada bulan Juli dan berakhir pada bulan Juni di tahun berikutnya. Adapun hari libur ditetapkan berdasar Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan atau Menteri Agama dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan. Selain itu, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan atau satuan pendidikan juga dapat menetapkan hari libur khusus. Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan pendidikan.

Alasan mengapa kalender pendidikan ini dibuat extensi .xls (microsoft excel) adalah untuk mempermudah guru dalam mengganti/mengedit kalendir pendidikan sesuai kebutuhan seperti, KOP Sekolah/Madrasah, tanggal, nama kepala madrasah serta NIP dan lain-lain.

Demikian dari kami, semoga apa yang kami bagikan ini bisalah bermanfaat. Aamiinn..



"Kami Selalu Berusaha Memberikan Yang Terbaik Dan Original Untuk Anda"

Jabat Erat@Hak Cipta 2015

Post a Comment for "KALDIK EXCEL 2020/2021 JAWA TIMUR"