FUNGSI FORMULA VLOOKUP DAN HLOOKUP

Banyak yang bertanya "Bagaimana Cara Mencari Data Detail Anggota Dari 1000 Data Lebih ?" Berikut penjelasan fungsinya dan cara membuatnya, simak baik-baik.

Adapun fungsi dari formula VLOOKUP dan HLOOKUP adalah mencari/menampilkan data tertentu dari banyak data contoh : saya mempunyai data 1000 karyawan, dan saya ingin mengetahui data rinci dari 1 karyawan secara detail, maka saya menggunakan fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP untuk mencarinya, langsung saja kita experimen oke.

Perlu Anda ketahui bahwa fungsi dan kegunaan formula VLOOKUP dan HLOOKUP itu hampir sama hanya saja perbedaannya adalah VLOOKUP untuk Fertikal dan HLOOKUP untuk Horizontal.

Berikut Langkah-langkahnya :

1. Buka Microsoft Excel Anda
2. Disini kami asumsikan bahwa Anda sudah mempunyai data seperti gambar diatas (anggap saja data diatas mencapai 1000 nomor urut)
3. Nah pada gambar diatas terdapat data yang di tunjukkan dengan tanda panah
4. Disitulah rumus yang akan kita taruh
5. Terdapat kolom warna kuning yang akan menjadi refrensi pencarian (Range G1)
6. Silahkan ketik rumus ini =VLOOKUP($G$1;$B$2:$D$6;1;0) di range G3 dan seret sampai kebawah, Ganti angka 1 (warna merah) dengan angka 2 dan 3 sehingga akan menjadi #N/A

Nah kenapa menjadi  #N/A ? karena pada kolom G1 (warna kuning) belum diisi dengan nama orang, maka silahkan sekarang Anda ketik dengan salah satu nama orang, maka hasinya akan seperti gambar diatas.

Untuk mengatasi #N/A maka gantilah rumus diatas dengan ini =IF($G$1="";"";VLOOKUP($G$1;$B$2:$D$6;1;0) maka apabila kolom G1 kosong maka kolom nama dan seterusnya  akan kosong.

Tetapi apabila Anda mengisi kolom G1 dengan nama yang tidak sesuai maka kolom nama dan seterusnya akan bernilai #N/A, nah bagaimana cara menghilangkan #N/A dan cara mengatasinya ? simak kelanjutanya.

Sekarang silahkan sekarang ganti rumus yang kedua diatas dengan ini =IF(ISNA(VLOOKUP($G$1;$B$2:$D$7;1;0));"";VLOOKUP($G$1;$B$2:$D$7;1;0)) maka hasilnya akan kosong (karena nama tidak sesuai).

Apabila Anda melakukan langkah-langkah diatas dengan benar maka formula akan berjallan dengan baik dan sesuai dengan alurnya, selanjutnya apabila Anda masih dalam kebingungan tentang masalah munculnya nilai #N/A silahkan baca lagi artikel diatas.

Demikianlah artikel singkat dari kami semoga apa yang kami tulis di blog ini www.mtsbmtumbrasanom.id dapatlah bermanfaat bagi Anda semua dan akhirnya Jabat Erat.
http://www.mtsbmtumbrasanom.id/search/label/formula

Post a Comment for "FUNGSI FORMULA VLOOKUP DAN HLOOKUP"