CARA MELINIERKAN PTK SERTIVIKASI DI SIMPATIKA

Cara Melinierkan PTK Sertivikasi di Simpatika

Sehubungan dengan Program Simpatika, banyak sekali guru yang bingung karena dirinya belum linier, benarkah itu ?. Maka dari itu kami selaku penulis blog www.mtsbmtumbrasanom.id akan mencoba menjelaskan dan memberikan solusi gimana caranya bisa linier.

Disini yang dimaksud dengan linier adalah antara ijazah dengan mata pelajaran yang diampu. Apabila ijazah dan mata pelajaran yang diampu tidak sama maka secara otomatis sistem simpatika akan mencatat Anda dengan status tidak linier. Katakanlah ijazah Anda sarjana Bahasa Inggris, namun Anda mengajar pada mata pelajaran matematika, maka yang seperti itu sudah jelas bahwa Anda tidak linier dari segi mata pelajaran dan ijazah.

Banyak sekali kami temukan hal yang semacam itu di Madrasah-madrasah lain, sehingga mau tidak mau guru yang bersangkutan harus mempunyai ijazah yang sesui dengan mata pelajaran yang diampu.

BACA JUGA : Cara Menambahkan PTK Baru Di Simpatika

Kendati demikian, operator tingkat Madrasah juga sangat berperan penting dalam memperlancar kelinieran para guru yang berada di Madrasahnya, karena bagaimanapun Kemenag Pusat telah memberikan wewenang untuk itu yang di buktikan dengan adanya dua menu yang tertera pada menu dasbor utama operator Madrasa. Apa saja menu itu ?.
  • Menu Madrasah

Menu ini akan Anda temukan setelah Anda login sebagai operator dan tepatnya berada pada halam utama dasbor yaitu layanan simpatika. nah disitu Anda akan menemukan menu tersebut. Dan adapun kegunaannya dalah untuk mengatur semua data yang bersangkutan dengan Madrasah, Siswa, Alumni, PTK dan lain-lain.
  • Menu PTK

Untuk menu yang kedua adalah menu PTK. Adapun fungsi atau keguanaan menu tersebut adalah untuk mengatur semua data yang bersangkutan dengan dirinya sendiri.

Selepas dari pembahasan diatas berikut adalah langkah-langkah yang sudah kami terapkan terkait Cara Melinierkan PTK Sertivikasi Disimpatika.
  • Pastika Anda/PTK Sudah Aktif

Artinya dalam hal ini Pendidik harus sudah aktif atau cetak kartu pada semester tersebut, karena ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan.
  • Periksa Portofolio

Setelah Anda melakukan keaktifan diri pada semester tersebut maka sekarang hal yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa portofolio Anda apakah sudah sesui dengan keadaan yang sebenarnya. Disini pastikan data diri Anda sudah terupdate.
  • Mengisi Set Siswa, Rombel dan Jadwal

Untuk langkah yang ketiga ini adalah tugas operator Madrasah untuk mengsi dan mengupdate data siswa, rombel dan juga jadwal pelajaran.
  • VerVal Nomor Registrasi Guru (NRG)

Setelah operator Anda mengisi data siswa, rombel dan juga jadwal pelajaran sekarang Anda silahkan melakukan Verifikasi dan Validasi  Nomor Registrasi Guru (VerVal NRG). Dalam melakukan VerVal NRG, terkadang masih kita temukan keganjalan seperti muncul pesan NRG Anda tidak terdaftar. Nah disini letak permasalahannya, Apabila Anda menumukan pesan tersebut maka kemungkinan NRG Anda belum tercatat oleh Dirjen Pendis. Seperti awalan 01, 02, dan 03 silahkan klik tombol mengajukan baru.
  • VerVal Inpassing

Langkah ini hampir sama dengan langkah sebelumnya, hanya saja Anda disuruh mengupload scan ijazah terakhir anda dan sertivikat anda. Dalam melakukan langkah ini, pastikan Anda benar-benar teliti dalam mengisi, terutama pada kode mata pelajaran. Banyak kejadian di Madrasah lain bahwa ketika mereka mengisi data tersebut tidak melihat sertivikatnya. Saran kami apabila anda melakaukan VerVal Inpassing silahkan sesuaikan dengan setivikat Anda terutama nomor peserta dan kode mapel.
  • Cetak S26 dan S30

Yang dimaksud dengan S26 adalah hasil dari langkah yang sudah Anda lakukan tadi yaitu VerVal NRG, dan sedangkan S30 adalah langkah hasil dari VerVal Inpassing.
  • Setorkan Ke Mapenda Setempat.

Setelah anda melakukan VerVal NRG sekarang silahkan anda mencetak S26 yaitu data tentang Verivikasi dan Validasi Nomor Registrasi Guru (VerVal NRG) lalu lampirkan persyaratanyang tertera pada dokumen tersebut kemudian setorkan berkas (S26 da S30) tersebut ke Mapenda.
  • Persetujuan Mapenda

Setelah itu Anda tinggal menunggu persetujuan dari Mapenda, Apabila Anda sudah disetujui maka status Anda pasti akan linier.

Jadi intinya adalah anda sudah melakaukan VerVal NRG dan VerVal Inpassing lalu dari pihak operator sudah melakukan pengisian data siswa, rombel dan juga jadwal pelajaran.

BACA JUGA : Berapa Lama Saya Bisa Mendapatkan NPK ?

Demikian dari kami seputar Cara Menilierkan PTK Sertivikasi di Simpatika, dan apabila anda masih belum linier maka silahkan Anda konfirmasi langsung ke operator Kabupaten, karena kami telah melakukan langkah diatas dan hasilnya sudah linier, akhir kata.

JIKA MENURUT ANDA ARTIKEL INI BAGUS DAN BERMANFAAT, SILAHKAN SHARE KE SOSIAL MEDIA YANG LAIN DENGAN TUJUAN BERBAGI ILMU DAN PENGETAHUAN.

Terimakasih telah menjadi tamu kami, jabat erat

Berlangganan berita via email..