HARI SANTRI NASIONAL

HARI SANTRI NASIONAL

http://www.mtsbmtumbrasanom.id/2016/10/hari-santri-nasional.html

Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam bahagia untuk anda semua para pembaca blog ini, pertama-tama mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita Kesehatan, Kenikmatan dan Kesempatan.

Selanjutnya Puja dan Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Baginda Muhammad Rasulullah SAW yang menjadi nabi akhir zaman.

Adapun Kegiatan Hari Santri Nasional ini adalah salah satu dari berbagai Kegiatan lain yang menjadi Program tahunan PKM Kesiswaan Bpk Mansur, S.PdI. 

Namun, Sebelum kita menyampaikan informasi tersebut, marilah kita bersholawat tiga kali dan setelah itu mendoakan para mujtahidin para pendahulu kita yang berjuang melawan penjajah.
Ala Hadhihinniyyah Wa'alakulliniyyatin Shoolihah, Alfaatihah...

Semoga apa yang telah kita baca tadi, bisa menjadi wasilah untuk kita yang nantinya termasuk golongan orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Aamiinnn

Oke. Sesuai judul diatas, Apa sih arti dari Hari Santri Nasional itu ? dan mengapa pada tanggal 22 Oktober dijadikan Hari Santri Nasional ? dan kapan Hari Santri Nasional diresmikan ?

Nah, dari pertanyaan diatas, apakah sobat bisa menjawab salah satu dari pertanyaan diatas ? atau menjawab semuanya ?

Apabila sobat belum mengerti dan belum bisa menjawab, silahkan baca dan fahami artikel dibawah ini hingga selesai.

Ada alasan pemerintah menetapkan 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional. Bapak Presiden memaparkan besarnya peran santri bagi bangsa. Para tokoh-tokoh besar yang punya andil itulah yang membuat pemerintah menilai hari santri penting ditetapkan.

Bapak Presiden RI ke 8 ini mengatakan bahwasanya mengingat peran historis para santri dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti K.H. Hasyim As’yari dari Nahdlatul Ulama, K.H. Ahmmad Dahlan dari Muhammadiyah, A. Hassan dari Persis, Ahmad Soorhati dari Al-Irsyad dan Mas Abdul Rahman dari Matlaul Anwar serta mengingat pula 17 nama-nama perwira Pembela Tanah Air (Peta) yang berasal dari kalangan santri, pemerintah menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

"Sejarah mencatat, para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan tersebut. Para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan seluruh elemen bangsa, melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, dan mengajarkan kesadaran tentang arti kemerdekaan," kata Jokowi di hadapan para santri, ulama, dan tokoh-tokoh agama yang hadir di Masjid Istiqlal Jakarta.

Bapak Presiden yakin, penetapan Hari Santri Nasional itu, tidak akan menimbulkan sekat-sekat sosial atau memicu polarisasi antara santri dengan nonsantri. Justru sebaliknya, akan memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal rasa cinta tanah air, memperkokoh integrasi bangsa, serta memperkuat tali persaudaraan.

"Penetapan hari santri nasional dilakukan agar kita selalu ingat untuk meneladani semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara," kata Bapak Presiden.

Dengan mewarisi semangat itulah, kata Bapak Presiden, para santri masa kini dan masa depan, baik yang di pesantren atau di luar pesantren dapat memperkuat jiwa religius keislaman sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan. Dengan mewarisi semangat itu, para santri juga akan ingat memperjuangkan kesejahteraan, memperjuangkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dan meningkatkan ilmu pengetahuan/teknologi demi kemajuan bangsa.

"Semangat ini adalah semangat menyatukan dalam keberagaman, semangat menjadi satu untuk Indonesia. Saya percaya dalam keragaman kita sebagai bangsa, baik keragaman suku, keragaman agama, maupun keragaman budaya melekat nilai-nilai untuk saling menghargai, saling menjaga toleransi, dan saling menguatkan tali persaudaraan antaranak bangsa,.

Dari tulisan diatas setidaknya sudah terjawablah pertanyaan-pertanyaan tadi, demikianlah yang dapat kami informasikan seputar Hari Santri Nasional.

Wassalamualaikum Wr.Wb.
Jabat Erat

http://mtsbmtumbrasanom.id

Berlangganan berita via email..

0 Response to "HARI SANTRI NASIONAL"