CARA MENAMBAHKAN PTK DI SIMPATIKA


CARA MENAMBAHKAN PTK DI SIMPATIKA

Simpatika adalah Sistem Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di naungan Kemenag. dan pada sistem ini semua Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus melakukan input data diri. selain itu simpatika juga salah satu sistem yang digunakan untuk mendapatkan Tunjangan Fungsional Guru, Tunjangan Profesional Guru dan tunjangan yang lain.

Nah, Kemaren saya baru saja mendaftarkan Tenaga Kependidikan baru di Simpatika. dan sampai disini saya sempat bingung caranya. Tetapi setelah saya otak-atik Alhamdulillah bisa. Berikut adalah Langkah-langkah yang saya lakukan :
  • Link / Alamat Website

Langkah yang pertama yang harus anda lakukan adalah memasukkan alamat website Simpatika ke browser anda atau di google ketik simpatika atau copas link berikut www.simpatika.kemenag.go.id/

  • Login

Kedua yang harus anda lakukan adalah Login yang berada pada menu luar Simpatika dan letaknya di sebelah kanan pojok atas.
  • Login PTK/Admin

Setelah anda menekan tombol Login, Sekarang anda di sajikan dengan beberapa tombol seperti Lihat Status NUPTK, Login PTK/Admin, Aktivasi Akun Madrasah/Sekolah dan Aktivasi Akun PTK. Disini silahkan anda klik Login PTK/Admin.
  •  Gerbang Masuk

Nah, disini anda harus memasukan User dan Password, Tapi karena kita ingin menambah Tenaga Pengajar atau Tenaga Administrasi maka silahkan anda login menggunakan akun Kepala Madrasah atau Kepala Sekolah lalu tekan enter atau klik masuk.
  • Madrasah/PTK

Sampai disini anda sudah masuk ke menu dasbor layanan Simpatika. Dan disitu akan ada beberapa manu diantaranya adalah Layanan Padamu Negeri, Layanan Simpatika, Layanan Nilai Tambahan dan Layanan Personal. Karena kita di naungan Kemenag maka silahkan pilih Layanan Simpatika dan klik tombol atau gambar logo Kemenag yang sebelah kiri atau yang bertuliskan Madrasah.
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan

    Menu diatas berada di sebelah kanan Sekolah, klik tombol Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan disitu ada beberapa menu diantaranya adalah Sekilas, Direktori PTK, Registrasi PTK, Verval NUPTK, PTK non Aktif, Pengawas Sekolah dan Laporan. Disini anda pilih saja menu Registrasi PTK.
    • Registrasi PTK

    Didalam Registrasi PTK ada beberapa Level, Yaitu Registrasi PTK Level 1, Registrasi PTK Level 2 dan Penugasan Sekolah Non Induk. Sekarang Klik Registrasi PTK Level 1 atau klik Entri Formulir A05.
    • Entri Formulir A05

    Pada tahap ini ada 2 tahap yaitu Pengisian data Pegawai dan Konfirmasi, Untuk Data pegawai silahkan isi sesuai dengan data Pegawai yang bersangkutan. Setelah selesai mengisi data silahkan klik tombol Lanjut. Setelah itu silahkan anda revew kembali data yang anda masukan dan jika ada kesalahan silahkan klik kembali dan apabila data tersebut sudah benar silahkan klik Simpan.
    • Cetak Data

    Setelah anda menekan tombol simpan maka akan muncul form cetak data, dibagian ini biasanya seseorang langsung mencetak, tetapi saya sarankan untuk mencetak Do PDF, dan apabila komputer atau leptop anda belum terinstal silahkan menggunakan pilihan print XPS Documen. "Kenapa Kok Disanrankan Seperti Itu Mas ?" setidaknya ada 3 alasan.
    1. Apabila kita membutuhkan berkas tersebut kita tinggal membuka kembali file yang sudah dijadikan dengan type tersebut (PDF / XPS Documen)
    2. mempunyai arsip dan bisa dibuka kapanpun alias tidak perlu Login Simpatika lagi
    3. Tidak ribet apabila ingin mengirim lewat sosmed, biasanya difoto atau di scent terlebih dahulu.
    • Keluar dari Aplikasi Simpatika

    Ini adalah langkah yang akan ke Registrasi PTK Tahap 2. Seperti biasa pada menu utama simpatika silahkan pilih tombol Aktivasi Akun PTK. Tetapi sebelum anda melakukan Aktivasi Akun PTK Silahkan Cetak Dokumen yang dijadikan PDF/XPS Documen tadi.
    • Masukan NUPTK/Peg ID dan Kode Aktivasi

    Disini anda harus mengonfirmasi atau mengaktifkan Pegawai tersebut melalui halaman ini. Silahkan anda masukan Peg ID dan Kode Aktivasi Akun lalu klik lanjut, Tetapi sebelum anda menekan tombol Lanjut pastikan data tersebut benar agar mudah melanjutkannya.
    • Memilih Akun

    Setelah anda menekan tombol Lanjut, Sekarang anda harus memilih akun untuk digunakan masuk pada menu dasbor simpatika. Disini ada dua ChechBox yang harus anda pilih salah satu. disini saya sarankan untuk memilih Saya Ingin Membuat Akun Baru, Dan setelah itu silahkan masukan password anda lalu masukan lagi password yang sama dikolom bawahnya dan sebaiknya password berkombinasi Huruf besar dan kecil atau angka yang penting anda ingat. Setelah itu klik tombol Lanjut.
    • Konfirmasi Data Akun

    Pada langkah ini anda diberikan informasi data anda yang sudah di masukan tadi, Apabila data itu sudah benar maka silahkan klik Simpan dan apabila masih ada kekeliruan silahkan menekan tombol Langkah Sebelumnya atau Batal Mendaftar.
    • Login

    Silahkan klik tombol Login selanjutnya anda akan dialihkan ke menu utama Simpatika, Pada bagian ini silahkan klik tombol Login PTK/Admin.
    • Gerbang Masuk Simpatika

    Pada Langkah ini silahkan masukan Peg ID anda yang sudah diaktivasi tadi dan masukan juga password Pegawai lalu klik tombol Masuk.
    • Menu layanan Simpatika

    Pada menu ini anda hanya di berikan akses untuk anda sendiri dikarenakan anda adalah sebagai Pegawai dan baru akan melakukan Registrasi Level 2. Selanjutnya klik Logo Kemenag yang bertuliskan PTK.
    • Cetak Status VerVal Level 2

    Sebelum anda melakukan pencetakan, Silahkan anda mengisi Data Rinci Pegawai yang meliputi 4 Page atau Halaman Yaitu Biodata dan Kontak, Kepegawaian, Riwayat Mengajar, Riwayat Pendidikan dan yang terakhir Konfirmasi Data. Dari 4 Halam tadi, Silahkan anda isi sesuai data yang ada dan klik Simpan dan lanjut sampai selesai lalu Konfirmasi, Dan apabila ada data yang salah silahkan klik Batal/Kembali.

    Setelah selesai mengisi data Pegawai, Sekarang silahkan anda klik Setuju dan Cetak Ajuan VerVal Level 2 dan seperti langkah sebelumnya yaitu pilih print Do PDF atau XPS Documen.
    • Keluar Dari Simpatika

    Setelah anda berhasil mencetak dokumen VerVal Lefel 2, Sekarang anda Silahkan Keluar dari aplikasi Simpatika dengan cara menekan tombol LogOut yang berada di Pojok Kanan Atas.
    • Login Sebagai Operator atau Kepala Madrasah

    Dalam tahap ini, Berarti anda sudah siap untuk menuntaskan VerVal PTK Level 2. Sekarang anda silahkan masuk sebagai Operator atau Kepala Madrasah, tentunya menggunakan Akun Kepala Madrasah dengan tujuan bahwa Kepala Madrasah Menyetujui Permohonan tersebut.
    • Menu Dasbor

    Pada Langkah ini anda akan menyetujui permohonan PTK, Jadi disini silahkan anda pilih Layanan Simpatika lalu Klik gambar atau Logo Kemenag yang bertuliskan Madrasah.
    • Pendidik dan Tenaga Kependidikan

    Selanjutnya silahkan anda anda klik menu Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berada pada sebelah tulisan Sekolah atau Siswa dan Alumni.
    • Registrasi PTK

    Setelah itu silahkan anda klik menu Registrasi PTK yang berada pada menu samping kiri lalu pilih Registrasi PTK Level 2 dan klik tombol Entri Formulir S03c. Sampai disini anda akan menemukan data Pegawai tadi yang sudah di aktivasi. Klik saja Lanjut sampai selesai dan silahkan centang 3 CheckBox yang artinya bahwa arsip bukti fisik sudah di kumpulkan atu disetorkan ke Operator atau Kepala Madrasah dan klik Simpan.
    • Terakhir / Finish

    Setelah beberapa langkah diatas yang cukup panjang, Sekarang adalah langkah yang terakhir yaitu menceak S05 dan S07 data Pegawai tersebut. Seperti yang sudah saya sebutkan pada langkah sebelumnya bahwa sebelum mencetak silahkan pilih ke Do PDF atau ke XPS Documen.

    Setelah itu tugas anda adalah menyetorkan dokumen atau data pegawai tersebut yaitu S05 dan S07 ke Kantor Kabupaten/Kota Dan data tersebut silahkan dilampiri dengan bukti fisik seperti yang sudah tertera pada tiap-tiap lembar Ajuan. Dan Tinggal menunggu Konfirmasi dari Pendma Setempat.
    Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menambahkan PTK di Simpatika Tahun 2016. Dan apabila kami dalam menyampaikan cara-cara diatas ada yang kurang benar maka silahkan anda merujuk ke buku pedoman Simpatika. Dan Langkah-langkah diatas adalah pengalaman Pribadi kami selaku Operator Madrasah. Selamat beraktifitas semoga dalam menjalankan tugas kita semua diberikan kemudahan dan kesabaran dalam menjalankannya.

    Jabat Erat

     

    Post a Comment for "CARA MENAMBAHKAN PTK DI SIMPATIKA"