CARA MEMBUAT PERINGKAT DI EXCEL

Cara Membuat Peringkat Kelas memang sering dilakukan oleh para guru khususnya wali kelas untuk pengisian raport, namun dalam hal ini para guru masih menggunakan cara manual sehingga terkadang masih ada yang salah dan selain itu mamakan waktu yang cukup lama.


Kali ini kami selaku penulis blog www.mtsbmtumbrasanom.id akan membahas gimana caranya membuat peringkat kelas dengan cepat berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Microsoft Excel
2. Buatlah data dengan format no nama nilai dan peringkat
3. Pada kolom peringkat tulislah rumus berikut =RANK(C2;$C$2:$C$11)
4. Setelah itu seret sampai kebawah
5. Selesai dan simpan

Namun pada rumus diatas masih kita temukan peringkat yang ganda apabila nilai siswa sama, nah untuk itu ada cara yang lain supaya peringkat tersebut tidak ganda dengan sedikit kombinasi yaitu dengan mengganti rumus diatas seperti berikut ini =IF(B2="";"";IF(C2="";"";RANK(C2;$C$2:$C$11;)+COUNTIF(C$2:C2;C2)-1))

Bagi Anda yang masih pemula tentunya masih bingung dengan cara baca rumus yang kedua tersebut, tetapi paling tidak Anda sudah tau caranya gimana supaya peringkat tidak ganda.

Untuk cara membacanya sendiri cukup mudah berikut kami paparkan, sebelumnya semua rumus harus diawali dengan tanda = (samadengan) tetapi ada ada juga awalnya ditambahi tanda { biasanya tanda itu digunakan untuk Koreksi Soal Pilihan Ganda.

Cara Membaca Rumus Peringkat tidak Ganda di Excel :

=IF(B2="";"";
Jika range B2 = kosong maka hasilnya kosong
=IF(C2="";"";
Jika range C2 = kosong maka hasilnya kosong
;RANK(C2;$C$2:$C$11;)
maka nilai dari range C2:C11 dihitung mulai dari besar sampai kecil
+COUNTIF(C$2:C2;C2)-1))
(dan apabila terdapat kesamaan peringkat maka)peringkat yang sama tadi ditambah 1 (salah satu dumilai dari paling atas)

Sebenarnya untuk mengartikan ke kalimat yang mudah difahami memamng agak rumit, saya sendiri juga masih agak kesulitan untuk menuangkan ke kalimat tersebut, tetapi jika Anda sudah sering menggunakan rumus diatas atau rumus-rumus yang lain Anda lama kelamaan pasti mengerti kok maksudnya dan kira-kira begitulah cara membacanya rumus yang kedua tadi.


Sekian dari kami semoga Artikel ini bermanfaat dan untuk contoh filenya dapat Anda unduh disini, akhirnya nantikan artikel kami selanjutnya hanya di www.mtsbmtumbrasanom.id dan apabila Anda masih bingung dengan langkah-langkah diatas silahkan komentar.

Jabat Erat

Post a Comment for "CARA MEMBUAT PERINGKAT DI EXCEL"