CARA MENCARI RATA-RATA NILAI DI EXCEL DENGAN MUDAH

Cara Mencari Rata-rata Nilai biasanya digunakan oleh para guru yang telah menyelenggarakan ujian, selain itu Mencari Rata-rata Nilai juga digunakan untuk raport dan masih banyak lagi.

Formula dasar yang digunakan untuk Mencari Rata-rata Nilai adalah AVERAGE, tetapi apabila Anda hanya menggunakan formula AVERAGE saja maka tampilan akan menjadi #DIV/0! apabila pada kolom nilai kosong dan sebagai contoh formulanya seperti ini =AVERAGE(A1:E1)

Nah terus gimana cara menghilangkan nilai #DIV/0! yang sudah kami sebutkan diatas ? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya untuk menghilangkan tanda #DIV/0! yang kami maksud diatas cukuplah mudah, Salah satunya Anda cukup menambahkan Formula IFERROR pada bagian ini contoh formulanya seperti ini =IFERROR(AVERAGE(A1:E1);"")

"Terus Cara Baca Formulanya gimana mas?"

Sedikit tambahan bahwa sebenarnya Microsoft Excel juga sudah memberikan petunjuk penggunaan untuk seluruh formula. coba lihat gambar dibawah ini.
Nah pada gambar diatas ada 2 IFERROR yaitu diatas untuk rumus dan dibawah untuk petunjuk penulisan, dan apabila Anda kurang jelas Anda dapat klik kata IFERROR yang ke 2 atau yang dibawah, nah disitu Anda akan di sajikan dengan beberapa contoh penggunaannya (Fungsinya mencari nilai kosong/berupa tulisan/yang lainnya (apabila tidak ada target))

Untuk cara membacanya sendiri kami juga agak kesulitan untuk menuangkan ke bahasa yang mudah difahami, tapi nggak papalah saya cobak dan jangan tertawa lho buat yang udah faham oke, ini dia versi saya "=IFERROR(AVERAGE(A1:E1);"")" terjemah "Jika Range A1 s/d Range E1 tidak ada nilai sama sekali maka Kolom rata-rata kosong, dan Jika Range A1 s/d Range E1 ada nilainya 1 kolom sekalipun maka pada Kolom rata-rata muncul nilainya"

Nah kira-kira seperti itulah pengartiannya, selain cara ini masih banyak lagi cara yang lain tetapi ini yang umum digunakan dan fungsi IFERROR itu hampi sama dengan IF contohnya =IF(A1="";"";AVERAGE(B1:B6))

Cukup sekian artikel kami kali ini dan nantikan artikel-artikel kami selanjutnya hanya di www.mtsbmtumbrasanom.id

Jabat Erat

Post a Comment for "CARA MENCARI RATA-RATA NILAI DI EXCEL DENGAN MUDAH"