INI DIA CARA MEMBUAT FORM LOGIN EXCEL

KODE MACRO FORM LOGIN EXCEL
Luangkan waktu beberapa menit untuk membaca serta memahami artikel ini, karena ini akan sangat detail dan singkat.

Cara Membuat Form Login di Excel Dengan VBA Macro sebenarnya tidak begitu sulit, karena kita hanya membutuhkan beberapa Kode Macro dan Satu Userform saja serta Dua Tombol Commandbutton.

Pertama saya belajar excel juga sama dengan Anda, Cari sana cari sini nggakmicrosoft excel tepatnya Cara Membuat Form Login di excel juga sempat mempunyai fikiran seperti Anda yang tidak asing lagi "gimana ya cara membuatnya? pasti sulit".


Sebelum kita melanjutkan artikel ini kami akan memberikan sedikit informasi seputar software microsoft excel. Microsoft Excel adalah software terbaik dari beberapa produk-produk microsoft yang tentunya menjadi master dalam dunia pendataan. Microsoft Excel ini mampu menampung berjuta-juta data yang anda perlukan tanpa ada scrip yang error. Bayangkan jika Anda mempunyai data 10.000 dan Anda mengolahnya di Microsoft Word pasti sangat lama, Tetapi jika Anda mengolahnya di Microsoft Excel Anda tinggal klik 1 kali sudah jadi.

Kembali lagi kebahasan utama Cara Membuat Form Login di Excel. Banyak sekali para pemula yang ingin mengerti dan tau Cara Membuat Form Login Di Excel supaya Aplikasi yang mereka buat terlihat seperti Aplikasi beneran yang diunggah oleh para programer. Namun, sebelumnya Anda juga harus memperhatikan beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu mulai dari memperhatikan keakuratan aplikasi, ukuran aplikasi, alur/menu navigasi aplikasi dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Membuat Form Login Di Excel

1. Buka Microsoft Excel
2. Tekan ALT + F11 (masuk dujendela VBA digunakan untuk membuat userform dan lainnya)
3. Buatlah UserForm
4. Didalam userform buatlah label, textbox, commandbutton1 dan commandbutton2
5. Setelah itu klik label lalu pada bagian caption ganti namanya menjadi password
6. Lalu klik tommandbutton1 dan pada bagian caption ganti namanya menjadi kembali dan commandbutton 2 ganti namanya menjadi masuk.
7. Kemudian pada tombol kembali klik 2 kali lalu copy kode macro dibawah ini

 'userform akan dihide/disembunyikan
Unload Me

8. Pada tombol masuk klik 2 kali lalu copy paste tombol dibawah ini

If TextBox1.Value = "" Then
MsgBox "maaf, password masih kosong", vbCritical, "massyaref"
Me.TextBox1.SetFocus
Exit Sub
End If
If TextBox1.Value = "massyaref" Then
MsgBox "password sesuai klik ok untuk melanjutkan", vbInformation, "massyaref"
Sheets("sheet2").Select
Unload Me
Else
MsgBox "Maaf, Password yang anda masukan salah", vbCritical, "massyaref"
TextBox1 = ""
Me.TextBox1.SetFocus
Exit Sub
End If



9. Setelah itu langkah selanjutnya adalah mencoba apakah kode macro yang kita buat sudah berjalan dengan baik atau belum dengan cara klik F5.
10. Dan apabila sudah berjalan dengan baik silahkan simpan dengan type excel macro


Apabila anda melakukan langkah-langkah diatas dari awal sampai akhir dengan benar maka kode akan berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya apabila Anda ingin belajar Kode Macro Excel maka dengan senang hati kami akan membantu Anda lewat Komentar dibawah. dan untuk file sample bisa Anda unduh disini.

Sekian dari kami seputar Cara Membuat Form Login di Excel dan nantikan postingan kami selanjtnya hanya di www.mtsbmtumbrasanom.id. akhir kata semoga kita tetap semangat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

"Kami Selalu Berusaha Memberikan Yang Terbaik dan Original Untuk Anda"
Jabat Erat@Hak Cipta 2015

Post a Comment for "INI DIA CARA MEMBUAT FORM LOGIN EXCEL"